Koperasi sangat berperan dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Koperasi juga yang langsung ikut campur dalam menyalurkan dan memberi sebuah peluang usaha bagi rakyat kecil. untuk itu koperasi di Indonesia harus meningkatkan kualiatas SDm dan memperbaiki pasilitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Usaha kecil batik tulis

Indonesia adalah negara berkembang, masih banyak pengusaha-pengusaha kecil menengah yang belum berpengalaman dalam mengembangkan bisnis yang di jalankannya, untuk itu peranan negara sangat di butuhkan dalam mendorong dan mengembangkan usaha kecil menengah dengan adanya kerjasama dari berbagai pihak perekonomian di Indonesia bisa lebih berkembang dan lebih maju dari negara-negara lain.

 

 

 

Solusinya :

– Pemerintah harus memonitor dan memberi penyuluhan-penyuluhan kepada koperasi-koperasi dengan di dukung SDA yang sesuai dan berpengalaman di bidangnya.

РPemerintah diharapkan dapat  memberi bantuan secara langsung dengan memberikan pinjaman dana usaha dengan bunga ringan kepada pengusaha-pengusaha kecil.

– Penyuluhan dan pelatihan yang diberikan kepada pengusaha kecil menengah harus berkelanjutan dan epektif.

– Penyaluran hasil usaha kecil menengah harus dipasilitasi dan disalurkan.

– Berusaha memperbaiki kualitas usaha dan ada keberanian untuk mengembangkan ke berbagai negara.

Solusi tersebut sedikitnya bisa memberi sebuah perbaikan perekonomian mengurangi pengangguran dan kemiskinan di negara Indonesia. Hal ini juga harus didukung dengan sebuah kerjasama di berbagai pihak.

Mari kita bangkit dari keterpurukan, kita songsong negara Indonesia yang sejahtera dan berjaya di dunia Internasional.