Sebelum lebih jauh membahas lensa mata atau kontak lensa, pernah mendengar penggunaan lensa mata atau kontak lensa di sekitar kalian bahkan kalian sendiri sebagai penggunanya?

Anatomi Lensa Lensa adalah suatu struktur bikonveks, avaskular tak berwarna dan transparan. Tebal sekitar 4 mm dan diameternya 9 mm. Dibelakang iris lensa digantung oleh zonula ( zonula Zinnii) yang menghubungkannya dengan korpus siliare. Di sebelah anterior lensa terdapat humor aquaeus dan disebelah posterior terdapat viterus. Kapsul lensa adalah suatu membran semipermeabel yang dapat dilewati air dan elektrolit. Disebelah depan terdapat selapis epitel subkapsular. Nukleus lensa lebih keras daripada korteksnya. Sesuai dengan bertambahnya usia, serat-serat lamelar subepitel terus diproduksi, sehingga lensa lama-kelamaan menjadi kurang elastik. Lensa terdiri dari enam puluh lima persen air, 35% protein, dan sedikit sekali mineral yang biasa ada di jaringan tubuh lainnya. Kandungan kalium lebih tinggi di lensa daripada di kebanyakan jaringan lain. Asam askorbat dan glutation terdapat dalam bentuk teroksidasi maupun tereduksi.

Penggunaan lensa mata di kalangan remaja sekarang ini sudah sangat berkembang dikarenakan foktor-faktor berikut :

1.faktor budaya

Faktor ini berpengaruh terhadap pengguna di kalangan remaja karena dijadikan budaya dan gaya hidup pengguna lensa mata atau kontak lensa.

faktor sosial :

Faktor ini menyebabkan sosial pengguna berpengaruh dikarenakan lensa mata sekrang ini  sudah berkembang sangat pesat dari bentuk,warna dan harga lensa mata. dari harga yang terjangkau sampai harga mahal sudah menyebar di pasaran. maka dari itu pengguna yang status sosial menengah ke atas memilih lensa yang bagus, otomatis harga lensa juga mahal.

Faktor psikolgi :

kalangan pengguna merasakan suatu perubahan dalam dirinya menjadi lebih percaya diri dikarenakan memakai lensa mata atau kontak lensa. penggunaan lensa mata menjadi lebih praktis dan nyaman.

Tugas Sofskil

Nama : Dadang Hariyanto

NPM   : 14209434

KLs     : 3ea02

sumber  : wikepedia indonesia